Transmisi manual adalah sistem transmisi
otomotif yang memerlukan
pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada
sepeda motor atau menginjak
kopling seperti pada
mobil
dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di
dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar
antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju
ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan
tergantung kepada
kecepatan kendaraan
pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan
seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya
kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat
dibantu dengan penurunan gigi percepatan.
Daftar isi
Synchromesh
Synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk
menyamakan putaran antar gigi yang akan di-sambung sehingga perpindahan
gigi percepatan dapat dilakukan secara mulus. Cara kerjanya saat handel
transmisi pada posisi netral, maka synchromesh berada di tengah tidak
berpengaruh atau dipengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada disampingnya.
Susunan gigi percepatan
Tuas transmisi pada 5 kecepatan pada
Mazda Protege.
Susunan/layout gigi percepatan transmisi manual tergantung kepada ciri yang biasa digunakan disuatu kawasan, mobil keluaran
Asia agak berbeda dengan
Eropa,
khususnya pada penempatan gigi mundur(R). Penempatan tuas transmisi
yang banyak digunakan adalah di lantai tetapi beberapa mobil modern
menggunakan tuas transmisi di dashboard ataupun mobil lama yang
ditempatkan di setang
setir.
Tuas transmisi lantai
Pola |
Penjelasan |
|
Ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan pada mobil
modern ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai dengan R.
Penempatan gigi mundur (R) krucial karena bisa salah memasukkan dapat
mengganggu jalannya kendaraan, karena kalau dari gigi 5 salah pindah ke
mundur bisa berakibat fatal. |
|
Susunan ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan pada bus
ringan ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai dengan R. Gigi 1
biasanya jarang dipakai, dipakai pada saat mendaki di tanjakan terjal. |
Tuas transmisi di setir
Tuas transmisi pada Setir
Saab96
Pola |
Penjelasan |
 |
Layout mobil dengan 3 gigi maju yang merupakan susunan gigi
percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun 1930an sampai dengan tahun
1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on the three" |
 |
Merupakan layout yang dikembangkan sesudah itu, yang juga dikembangkan oleh mobil-mobil keluaran Eropa dan Jepang. Sampai saat ini masih digunakan pada beberapa mobil niaga seperti Mitsubishi L 300. |
Tuas transmisi sepeda motor
Tuas gigi percepatan
Suzuki SV650S.
Corak penukaran gigi percepatan sepeda motor yang lazim digunakan :
6
5 ┘
4 ┘
3 ┘
2 ┘
N
1
Tuas pengungkit gigi percepatan diinjak dengan kaki kiri untuk masuk
ke gigi 1 dan diungkit keatas untuk masuk ke gigi 2, 3, dan seterusnya.
Bila ingin menurunkan kecepatan, maka tuas pengungkit gigi percepatan
diinjak kebawah dari 5 ke 4 ke 3 dan seterusnya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar